Sunday, September 16, 2012

Manfaat Jambu Biji


manfaat jambu biji
Mengenal Latar Belakang Jambu Biji
Buah Jambu biji adalah salah satu tanaman buah jenis perdu yang mempunyai nama ilmiahnya Psidium Guajava atau sering juga disebut jambu batu, jambu siki, dan jambu klutuk. Jambu biji merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brazil Amerika Tengah, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Hingga saat ini sudah banyak yang membudidayakan dan menyebar luas di daerah-daerah di Indonesia terutama di Pulau Jawa. Tanaman jambu biji merupakan tanaman daerah tropis dan dapat tumbuh di daerah sub-tropis dengan intensitas curah hujan yang diperlukan berkisar antara 1000-2000mm/tahun. Tanaman jambu biji dapat tumbuh pada semua jenis tanah tetapi dapat tumbuh baik pada lahan yang subur dan gembur serta banyak mengandung unsur nitrogen dan sedikit berpasir.

Ada beberapa macam buah jambu biji yang dikenal di Indonesia, sebagian sudah dikenal sejak lama dan sebagian lagi merupakan introduksi dari negara lain, diantaranya jambu biji kristal, jambu pasar minggu, jambu biji getas merah, jambu Australi, jambu Bangkok, jambu sukun, jambu pipit, jambu biji delima dll.
Jambu biji banyak memiliki kandungan zat kimia yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, diantaranya mengandung tanin, quersetin, glikosida quersetin, flafonoid, minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam ole anolat, asam guajaverin, dan vitamin. disamping itu kandungan disetiap 100gr, buah jambu biji terkandung kalori 49 kal, vitamin A 25 Sl, vitamin B1 0,02 mg, vitamin C 87mg, kalsium 14mg, hidrat arang 12,2 g, fosfor 28mg, zat besi 1,1 mg, protein 0,9mg, lemak 0,3g dan air 86g.

Mengenal Khasiat dan Manfaat Jambu Biji
Selain banyak digemari karena buahnya yang manis dan segar, jambu biji juga mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya :
  • Untuk Kesehatan Jantung karena jambu biji dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengendalikan tekanan darah dan kolestrol. kemampuan jambu biji untuk menurunkan tekanan darah disebabkan adanya kandungan kalium. Kalium merupakan elektrolit yang penting untuk reaksi listrik dalam tubuh, termasuk pada jantung.
  • Mencegah Kanker karena jambu biji mengandung antioksidan dan beta karoten yang sangat tinggi untuk membantu tubuh memerangi radikal bebas yang dihasilkan selama metabolisme.
  • Untuk menurunkan kadar kolestrol dan gula darah karena jambu biji mengandung karbohidrat kompleks dan kandungan serat yang tinggi.
  • Tingginya kandungan serat dalam jambu biji sangat baik dalam mencegah terjadinya sembelit dan juga sangat membantu dalam membersihkan sistim pembuangan dalam usus.
  • Kandungan vitamin C dan zat besinya dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit dan sangat efektif dalam menghambat infeksi dari virus flu, menghentikan pendarahan serta mengobati pendarahan hidung dan gusi.
  • Meningkatkan tekstur kulit serta membantu mengencangkan kulit yang mulai kendur.
  • Dipercaya dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah pada penderita demam berdarah / DBD meskipun belum ada hasil penelitian yang menyatakan tentang manfaat ini.
Selain masih banyak lagi  khasiat dan manfaat jambu biji, daunnya pun banyak dijadikan obat herbal terutama untuk mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena diare atau disentri. Itu terbukti dalam kandungan dari daun jambu biji yang mengandung zat anti bakteri, karetinoid, vitamin C dan potasium.

3 comments:

  1. kebetulan di tempat saya benyak jambu...thengs...

    ReplyDelete
  2. beruntung sekali di rumah saya banyak sekali jambu biji, buah yang satu ini memang mudah dibudidayakan dan rasanya yang lezat membuat buah ini banyak penggemarnya. terimakasih banyak infonya.

    ReplyDelete